Rabu, 13 Mei 2009

kecelakaan maut, 10 orang tewas

Kecelakaan Maut, 10 Tewas 
Truk Rem Blong Pemicu Enam Kendaraan Hangus Terbakar


Lamongan, Kompas - Kecelakaan maut yang melibatkan delapan kendaraan di Jalan Raya Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Selasa (8/1) sore, menewaskan sepuluh orang dan melukai sedikitnya 20 orang. Tabrakan itu juga menimbulkan ledakan yang membuat enam kendaraan hangus terbakar. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Lamongan Ajun Komisaris I Gusti Agung di lokasi kejadian memastikan kecelakaan itu diakibatkan truk pengangkut tumpukan tiang pancang beton mengalami rem blong. "Menurut keterangan saksi mata, truk pengangkut beton yang datang dari arah timur remnya blong dan melaju tak terkendali di jalanan menurun. Di depannya ada tiga minibus yang langsung dihantam dan kemudian truk menabrak truk semen," kata I Gusti Agung. 

Kecelakaan maut itu terjadi di jalanan menurun di Dusun Pambon, Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan, Selasa sekitar pukul 15.30. Kecelakaan melibatkan delapan kendaraan, yaitu tiga truk, tiga minibus, dan dua sepeda motor. Tiga truk itu adalah truk trailer bernomor polisi W 8640 UA yang mengangkut tiang pancang beton yang dikemudikan Munir dengan kernet Suminto, sebuah truk pengangkut semen bernomor polisi L 7390 RU, dan sebuah truk trailer pengangkut besi. 

Tiga minibus adalah Isuzu Elf bernomor L 6202 V mengangkut rombongan pengantin, angkutan umum atau mobil penumpang umum (MPU) Mitsubishi L300 bernomor polisi S 2688 RU, dan angkutan umum L300 bernomor polisi S 7048 UE. Adapun kondisi dua sepeda motor hancur dan gosong terbakar. 

Truk pengangkut tiang beton saat itu melaju di jalan menurun dari arah Lamongan. Diduga karena rem blong, truk tak terkendali dan menabrak tiga minibus. Mobil Isuzu Elf L 6202 V yang berada tepat di depannya hancur berantakan dan terpental ke lajur kanan sehingga enam penumpangnya tewas seketika. 

Laju truk yang tak terkendali itu terus menabrak mobil angkutan umum yang mengangkut belasan pedagang ikan. Truk kemudian menghantam angkutan umum lainnya yang berada di depannya. Truk baru berhenti setelah menabrak truk pengangkut semen yang datang dari arah Tuban, yang dalam posisi akan menyalip truk pengangkut besi. Pada saat bersamaan, dua sepeda motor yang berada di depan minibus juga ikut tergencet. 

Suminto, kernet truk pengangkut beton yang selamat dan dirawat di Puskesmas Brondong, mengakui, memang ada masalah di bagian rem truk pengangkut tiang pancang beton itu. 

Kerasnya tabrakan itu diduga memicu percikan api yang menyambar ke tangki bahan bakar kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut sehingga dalam waktu seketika api membakar enam kendaraan. Dua minibus, Isuzu Elf, dan angkutan umum yang mengangkut pedagang ikan tak ikut terbakar karena terpental ke pinggir jalan. 

Korban 

Delapan korban tewas telah diketahui identitasnya, dan 16 korban luka berat lainnya dievakuasi ke Puskesmas Brondong sebelum dilarikan ke rumah sakit di Lamongan. Satu korban lain tewas saat dalam perjalanan menuju RS PKU Muhammadiyah, Lamongan. Satu korban tewas yang diduga pengendara sepeda motor belum teridentifikasi karena hangus terbakar dan terjepit di bawah truk pengangkut beton. Korban saat ini berada di RS Koesma, Tuban. 

Korban luka berat yang dievakuasi di Puskesmas Brondong antara lain Afa (6), Jupiah (40), Mujani (30), Gito (10), dan Khirom (10), semuanya warga Desa Simbatan. Korban luka berat lain adalah penumpang angkutan umum yang membawa pedagang ikan dari Desa Sidomukti, Kecamatan Brondrong. Mereka antara lain Kasimah (50), Sulasi (50), Sri Dunung (45), Murjiyatun (45), dan Sarmunti (65). 

Enam korban luka lainnya adalah Sarmunti (45), warga Lamongan; Kastuni (45), warga Sambung, Ketambul, Tuban, Yasmi (45), Blimbing; Munik (50), Rambes, Palang, Tuban; Agustin Hawati (21), warga Menganti, Gresik; dan Anwari (40), warga Karangsari, Tuban. 

Korban luka ringan yang dirawat di Puskesmas Brondong terdata antara lain Suhono (sopir angkutan umum) dan Nurhadi (kernet), keduanya warga Gesik Harjo, Tuban. Dua korban luka ringan lainnya, Lasmi (50) warga Gesik Harjo dan Sulari (50) warga Ketambul. 

Lalu lintas 

Akibat kecelakaan maut itu, jalur pantura Lamongan-Tuban tertutup total. Antrean kendaraan dari arah Lamongan ke lokasi kejadian mencapai 10 kilometer. Demikian pula sebaliknya. Dari arah Tuban antrean juga memanjang hingga sekitar sepuluh kilometer, bahkan menimbulkan kemacetan hingga sekitar 20 kilometer di dua arah jalan dari lokasi kejadian. Kemacetan itu kian parah karena padatnya kendaraan setelah jalur Lamongan-Bojonegoro masih belum pulih benar akibat banjir. 

Polisi akhirnya mengalihkan arus lalu lintas agar tidak memperparah kemacetan. Arus kendaraan dari arah Surabaya dialihkan dari arah Paciran menuju Sukodadi untuk kemudian ke arah Babat dan Bojonegoro. Sedangkan arus kendaraan dari arah Tuban dibelokkan menuju Rengel ke arah Bojonegoro. 

Kendaraan kecil yang terjebak kemacetan berputar arah untuk mengambil jalur alternatif. Adapun ratusan kendaraan besar, seperti truk dan bus, menunggu jalur kembali dibuka sehingga antrean panjang terjadi di sepanjang jalan. (SET)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar